Saus Baru!

try.JPG

Kamu suka memasak?

Pernah mencoba memakan masakan bersaus? Masakan bersaus yang dimaksud adalah seperti udang asam manis, cumi masak mentega, tumis ayam kecap, dan lain sebagainya. Pasti sudah pernah kan?

Memang, masakan bersaus lebih berasa dibandingkan masakan yang tak bersaus. Mengapa? Karena bahan-bahan yang digunakan pada saus itu pada awalnya memang sudah memiliki rasa yang tajam (berasa sekali), sehingga ketika dipadukan dengan udang atau apapun, rasanya menjadi padat dan lebih berasa.ย 

Ada beragam jenis saus dan pembedaannya. Salah satu pembedaan saus adalah dari asal memperolehnya: saus instan, saus semi-instan dan saus non-instan.

Sebagai langkah awal dalam belajar memasak, membuat saus bisa kita jadikan alternatif. Untuk awal belajar membuat saus, jangan berpikir terlalu tinggi untuk membuat saus dari awal, dari menyiapkan tepung tapioka, cabe, tomat, dan lain-lainnya, karena yang akan kita buat adalah saus semi-instan.

Saus semi-instan. Dinamakan begitu -oleh penulis- karena cara memperolehnya adalah memasak saus instan. Ya. Memasak saus instan. Sebenarnya saus pada hidangan-hidangan seperti udang asam manis dan lain sebagainya juga saus semi-instan, karena saus itu mereka buat dari saus instan yang diolah kembali bersama udang dan rempah-rempah lain.

Untuk membuat saus semi-instan sebenarnya cukup mudah. Yang kita perlukan hanya kreatifitas dalam mengkombinasi berbagai macam saus dan kecap sampai akhirnya menjadi suatu saus baru. Ya, memang sesimpel itu. Yang perlu kita lakukan untuk membuat saus hanyalah mengkombinasikan berbagai macam saus instan dan kecap dalam satu wadah.

Untuk lebih membuat saus itu berasa dan memberikan efek ‘karamel’, maka kita bisa menumis bawang bombay/bawang putih dengan saus kombinasi kita. Disinilah kegiatan memasak kita dimulai. Saat menggoreng saus itu, kita bisa memasukkan bahan-bahan lain seperti sosis, udang, dan lain sebagainya, dan kita pada akhirnya akan memasak suatu lauk pauk yang sangat enak untuk teman makan nasi kita.

CObalah bereksperimen dengan mencampur bermacam saus (sambal, tomat, inggris, tiram, dll) dan kecap (manis, asin, teriyaki, dll) dan mari ciptakan saus favorit buatan kita!

Cobalah:
>Tumis Sosis Asam Manis<
1 Sosis, potong koin
1 SM kecap manis
1 SM saus sambal
1 SM saus tomat
2 SM air
1/4 bawang bombay iris tipis memanjang
2 SM margarin

Cara memasak:
1.Campur kecap, saus sambal, saus tomat dan air kedalam satu wadah
2.Masukkan margarin ke wajan yang telah dipanaskan
3.Tambahkan irisan bawang bombay ke dalam wajan ketika margarin sudah cair seluruhnya
4.Tumis sebentar, lalu tambahkan potongan sosis
5. Tambahkan pula saus campuran
6. Tumis sebentar hingga sosis cukup panas dan matang
7. Angkat dan sajikan
> Chicken Teriyaki<
4 ons daging ayam (ukuran piring kecil/dek kartu) potong kecil-kecil
2 SM kecap teriyaki (Atau 1 SM kecap asin dan 1 SM kecap manis)
1 SM Kecap manis
1/4 bawang bombay iris tipis memanjang
2 SM margarin

Cara memasak:
1. Campurkan semua kecap dalam satu wadah
2. Panaskan margarin pada wajan hingga mencair seluruhnya
3. Tambahkan irisan bawang bombay
4. TUmis sebentar, lalu tambahkan daging ayam dan saus campuran
5. Tumis hingga daging ayam matang
6. Angkat dan sajikan
Catatan:
-SM: Sendok makan
-Cukup simpel, namun cukup memuaskan. Jika efek ‘karamel’ pada masakan terlalu kental, maka bisa ditambahkan lagi air ketika dalam proses memasak.
-Kedua masakan diatas nyaris sama, hanya beda bahan.
-Pastikan untuk tidak menggunakan api yang terlalu besar. Gunakanlah api sedang untuk memanaskan wajan, dan gunakan api kecil untuk mulai memasak.
-Bila tidak ada kecap teriyaki, maka bisa diganti dengan campuran kecap asin dan kecap manis. Ini akan menyebabkan perbedaan rasa, namun rasanya akan sama-sama memuaskan
-Kita bisa mengganti daging dan sosis pada menu diatas dengan bahan masakan lain yang kita mau, seperti misalkan udang, cumi, daging sapi, atau bahkan wortel (vegetarian?)
-Agar lebih aman, sebaiknya daging/udang/cumi/apapun bahan lauk yang kita pakai dimasak dulu (direbus, digoreng, dipresto, atau dimasak yang lain) baru digunakan sesuai resep. Penulis sendiri biasanya menggunakan ayam goreng yang dibuang tulangnya dan dipotong kecil-kecil dalam membuatnya. Terkadang penulis juga menggunakan ayam dari opor ayam buatan ibunya… (buka rahasia nih…)

Mencoba membuat masakan-masakan bersaus seperti diatas memang pada awalnya terasa agak berat, tapi pada percobaan memasak yang kedua kalinya, biasanya beban itu sudah tidak ada lagi.

Selamat memasak!
ย 

Advertisements

3 Responses so far »

  1. 1

    Menarik juga nih. ๐Ÿ˜€
    Saya kadang-kadang suka buat ‘saus’ baru, meski komposisinya cenderung aneh-aneh. ๐Ÿ˜›

  2. 2

    wajanhijau said,

    Komposisi ‘aneh-aneh’?

    hmm… sepertinya menarik.. ๐Ÿ˜›

  3. 3

    mask rider big fans said,

    kalo cara membuat saus teriyaki gimana ya?


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: